Spiga

Berinternet Dengan Nyaman - Bag I

Banyak Client Lihardo mengeluhkan ketidaknyamanan berinternet – terutama dengan munculnya Pop-Up yang tidak diinginkan.
Memang sebagai media komunikasi – Internet menyediakan hampir semua informasi yang kita butuhkan – bahkan yang tidak kita butuhkan. Pop Up windows salah satunya. Kebanyakan informasi yang muncul dari pop up windows ini, hampir dipastikan tidak kita butuhkan, namun memaksakan diri muncul dikomputer kita. Sangat menyebalkan, karena selain mengganggu tampilan, juga membebani koneksi – artinya koneksi internet akan terasa lambat.
Sebenarnya apa pop up windows itu?
Pop up windows adalah windows halaman Internet yang muncul di screen kita secara otomatis, artinya ada program / kode khusus yang memerintahkan komputer kita untuk memunculkan halaman tertentu.
Program/kode ini bisa berupa Javascript atau scrip ActiveX. Lalu dari mana datangnya mahluk script ini?
Nah.... inilah Internet. Kita tentu paham, bahwa ketika komputer kita terhubung ke Internet, maka sebetulnya komputer kita tersambung dengan ribuan bahkan jutaan komputer lain di atas bumi ini (yang sama-sama tersambung Internet). Sayangnya komunitas raksasa ini - Internet - tidak memiliki badan yang mengatur anggotanya. Tidak memiliki polisi, jaksa, peradilan, KUHP dsb. Tentu saja, karena komunitas ini adalah komunitas maya.
Karena tidak memiliki perangkat hukum inilah, dan juga karena sifatnya yang bebas hambatan, maka tiap anggota komunitas Internet bisa membuat kode-kode apapun untuk kemudian disebarkan ke Internet.
Dari ilustrasi ini, sebenarnya diperlukan ke aktivan kita, sebagai pengguna internet, untuk mencegah agar kode-kode jahat ini tidak sampai masuk kekomputer kita.
Bagaimana caranya? Pada posting selanjutnya Insya Allah akan ditampilkan tips-tips untuk berinternet nyaman, aman dan cepat. Jadi tunggu ajah...

0 komentar: