Spiga

New Generation Web Browser

New Generation Web Browser : FireFox

Beberapa waktu lalu ada yang telepon ke Lihardo berkaitan dengan Software Internet Explorer dia. IE dia (versi 6) tiba-tiba ngadat, gak bisa muncul ketika didouble klik, seperti biasanya .
Permasalahan yang tidak terlalu sulit, mungkin, tapi sangat menjengkelkan. Dan serangkaian permasalahan lain berkaitan dengan IE sering datang ke Lihardo, yang paling sering adalah munculnya popup windows yang tidak dikehendaki.
Seringnya mendapat keluhan demikian berkaitan dengan Internet Explorer, memaksa Lihardo berpikir mencari alternatif browser selain Internet Explorer. Lihardo pernah mencoba Netscape Navigator, cukup bagus tapi ternyata harganya mahal. Selain itu penampilannya agak berbeda dengan IE, sehingga terasa sulit bagi mereka yang terbiasa menggunakan IE.
Setelah googling kesana-kemari, ketemulah satu web browser yang cukup canggih : Mozilla FireFox (Anda bisa mengunjungi official web nya di http://www.mozilla.org/ untuk mengetahui lebih jauh web browser ini).
Tulisan ini tidak akan mereview FireFox secara detail, anda bisa melihat review browser ini di Internet. Salah satu yang cukup bagus adalah tulisannya Tom Spring di web PCWorld.( http://www.pcworld.com/news/article/0,aid,114843,00.asp). Tom Spring telah menulis review yang cukup detil. Bahkan ada yang lebih "kasar" lagi menggambarkan betapa anehnya IE jika kita menambahkan puluhan toolbar ke IE. Silakan baca artikel ini untuk keterangan lebih lanjut.


Sedikit dari feature FireFox yang membuat kami kagum adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan pop-up blocker Add-in. Ya pop-up blocker, included dalam FireFox, anda tidak perlu menginstall program lain lagi untuk melakukan pop up blocker.
  • Memiliki feature “Tabbed pages” artinya ketika anda perlu untuk membuka salah satu link yang ada dihalaman yang sedang anda baca saat ini, anda dapat membukanyaa pada tab yang lain – bukan windows (jendela baru). Gambaran mudahnya mungkin demikian : jika sebuah web browser kita ibaratkan sebuah buku yang terdiri dari beberapa lembar kertas, tab pada FireFox dapat diibaratkan sebagai lembaran kertas tersebut. Jadi ketika anda perlu membuka link baru, anda dapat membukanya pada kertas yang berbeda – bukan pada buku yang berbeda! Jadi hanya ada 1 jendala browser aja, dan bisa melihat beberapa halaman sekaligus. Suatu feature yang tidak dimiliki oleh Internet Explorer.
  • Yang lebih hebat lagi : tersedia secara free !!! Karena memang proyek Open Source dari Mozilla. Seperti kita tahu produk open source biasanya lebih stabil, secure, dan tentu lebih canggih. Anda bisa menjadi “distributor” web browser yang canggih ini – bahkan akan mendapat kredit point tertentu dari Mozilla.org jika mampu “memasarkan” browser ini sampai tingkat tertentu. Untuk menjadi “distributor” anda hanya perlu mengunjungi situs resmi distribusi firefox (atau langsung gunakan link ini untuk sign-up) dan sign-up, tentu free juga lah.... Silakan anda masuk ke situs tersebut dan anda akan tercengang, betapa ribuan (atau bahkan lebih) web surfer diseluruh dunia menggunakan dan sekaligus “memasarkan” produk ini.

Anda juga bisa berpartisipasi sebagai donatur resmi Mozilla Firefox, dan nama anda akan dicatat di harian New York Times! Gunakan link ini untuk mencatatkan diri sebagai donatur resmi firefox.

Demikian sekilas perkenalan produk web browser canggih ini. Penasaran?... tunggu apa lagi, segera gunakan FireFox, gunakan link dibawah ini untuk mendownloadnya. Ukuran file relatif kecil untuk ukuran sebuah browser : hanya 6,5 MB. Selamat mencoba.

------------
Get Firefox!
Get It Now.

0 komentar: